https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/Al-Katib/issue/feed Al-Katib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2024-12-28T03:48:49+00:00 Open Journal Systems <div class="deskripsi"> <ol> <li><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Judul Jurnal: </span></span></span></span></span></span><a href="https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/Al-Katib"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Al-Katib</span></span></span></span></span></span></a></li> <li><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Inisial: Al-Katib</span></span></span></span></span></span></li> <li><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Frekuensi: Juni-Desember</span></span></span></span></span></span></li> <li><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">ISSN Berani: xxxx:xxxx</span></span></span></span></span></span></li> <li><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pemimpin Redaksi : Septi Wahyuni</span></span></span></span></span></span></li> <li><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">DOI: -</span></span></span></span></span></span></li> <li><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penerbit : Pendidikan Bahasa Arab STIT Nurussalam</span></span></span></span></span></span></li> </ol> </div> <p><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Al-Katib </span></span></span></span></span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> Jurnal Pengajaran Bahasa Arab yang diterbitkan oleh PBA (Pendidikan Arab) di bawah naungan Sekolah Pendidikan Islam Nurussalam. Jurnal Al-Katib berisi artikel berdasarkan penelitian atau studi kepustakaan yang berfokus pada linguistik dan pengajaran bahasa Arab, dan diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember). Redaksi Jurnal Al-Katib mengundang para peneliti, akademisi, peneliti, dan mahasiswa pembelajar bahasa Arab untuk menyumbangkan karya ilmiah penelitian atau studi kepustakaan yang dapat ditulis dalam salah satu dari tiga bahasa (Arab, Indonesia, dan Inggris).</span></span></span></span></span></span></p> https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/Al-Katib/article/view/209 ANALISIS STRUKTUR SINTAKSIS KALIMAT NOMINAL DALAM BAHASA ARAB: POLA, FUNGSI, DAN VARIASI GRAMATIKAL 2024-12-06T13:08:35+00:00 Heni Verawati heniverawati@radenintan.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Kajian ini membahas secara mendalam struktur sintaksis kalimat nominal dalam bahasa Arab, dengan fokus pada pola, fungsi, dan variasi gramatikal yang terjadi dalam berbagai konteks linguistik. Kalimat nominal, yang terdiri dari mubtada' (subjek) dan khabar (predikat), menjadi dasar penting dalam pembentukan makna dalam bahasa Arab klasik dan modern. Penelitian ini menyoroti bagaimana variasi gramatikal seperti keseimbangan gender, jumlah, dan i'rab (deklinasi) mempengaruhi hubungan antara subjek dan predikat. Selain itu, analisis terhadap kalimat nominal yang mengandung unsur tambahan seperti kata sifat, kata depan, dan kata keterangan menunjukkan kompleksitas dan kekayaan gramatikal bahasa Arab. Kajian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang peran kalimat nominal dalam konstruksi makna dan struktur sintaksis bahasa Arab, serta relevansinya dalam kajian linguistik modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menganalisis secara mendalam tentang struktur kalimat nominal dalam bahasa Arab, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis sintaksis, dengan meninjau secara teoritis dan empiris bentuk-bentuk kalimat nominal dalam bahasa Arab. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya memahami pengaruh sifat mubtada' terhadap khabar, baik dalam bentuk jumlah maupun jenis kalimat kelamin, serta fenomena jamak taksir yang menambah dimensi lain dalam analisis nominal.</span></span></p> 2024-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Heni Verawati https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/Al-Katib/article/view/201 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SUSUN KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF JER DI KELAS XI MA AL-ASY`ARI 2024-11-20T07:57:37+00:00 Hikmah Nur Hidayah hendarjaurian@gmail.com Uswatun Hasanah uh1881504@gmail.com Siti Durotun Naseha sitinaseha@unhasy.ac.id <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p>&nbsp;</p> <p><em>This study is motivated by the low understanding of 11th-grade students at MA Al-Asy'ari regarding “huruf jer” (prepositional letters) in Arabic grammar, which impacts their ability to construct sentences with accurate meaning. The purpose of this research is to improve students' understanding of “huruf jer” usage through the sentence construction learning method. The research methodology employed is Classroom Action Research (CAR), conducted over several cycles, including the stages of planning, action implementation, observation, and reflection. Data were collected through comprehension tests, classroom observations, and interviews. The results indicate that the sentence construction method effectively enhances students' understanding of “huruf jer”, showing significant improvement in the final test scores. Moreover, students became more active and motivated in learning and showed greater interest in Arabic grammar studies.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Keyword</em></strong><strong>s:</strong> <em>learning Arabic, jer letters, sentence structure methods</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Abstrak </em></strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas 11 MA Al-Asy'ari terhadap huruf jer dalam tata bahasa Arab, yang berdampak pada kemampuan mereka dalam menyusun kalimat dengan makna yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap penggunaan huruf jer melalui metode pembelajaran susun kalimat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam beberapa siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman, observasi kelas, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode susun kalimat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap huruf jer, dengan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil tes akhir. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam belajar, serta menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap pembelajaran tata bahasa Arab.</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> <strong>pembelajaran bahasa arab, huruf jer, metode susun kalimat </strong></p> 2024-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Hikmah Nur Hidayah, Uswatun Hasanah, Siti Durotun Naseha https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/Al-Katib/article/view/211 IMPERATIVE FEATURES IN ARABIC TEXTBOOK FOR MADRASAH ALIYAH: REPRESENTATION AND LEARNING IMPLICATIONS 2024-12-13T14:53:05+00:00 Muhamad Saiful Mukminin muhamadsaifulmukminin@mail.ugm.ac.id Aninda Ayu Sitorismi anindaayusitorismi@mail.ugm.ac.id Iklilah Atikoh iklilahatikoh@mail.ugm.ac.id Waviq Alfiana Irianti waviqalfianairianti@mail.ugm.ac.id <p>This study uses a descriptive qualitative research method with content analysis on the Arabic language textbook for Madrasah Aliyah. The purpose of this study is to analyze the use of imperative features in the form of imperative verbs and their implications for learning. Data were collected through direct observation of relevant sentences, focusing on identifying forms of imperative verbs in patterns such as tsulatsi mujarrad, tsulatsi mazid, ruba'i mujarrad, and ruba'i mazid. Each imperative verb form found was analyzed to identify its morphological patterns and semantic meanings within the context of Arabic language learning. The data analysis techniques include morphological analysis to determine the transformation from regular verbs to imperative verbs, as well as semantic analysis to understand the meaning of each imperative verb in its sentence. The research results indicate that the use of imperative verbs in the Arabic language textbook includes various wazan patterns and is used to give clear instructions to students within the learning context. The learning implications of using imperative verbs are related to the application of learning theories, such as social learning theory, cognitive theory, and task-based learning, which support students' understanding of language structure and its application in everyday communication.</p> 2024-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muhamad Saiful Mukminin, Aninda Ayu Sitorismi, Iklilah Atikoh, Waviq Alfiana Irianti https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/Al-Katib/article/view/208 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Qiroah di MTsN 4 Sidoarjo 2024-12-14T11:56:10+00:00 Taulinsia Aisah taulinsia07@gmail.com <p>Penenelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Tujuan peneleitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Qiroah. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 7 B MTsN 4 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap guru bahasa Arab siswa kelas 8 MTsN 4 Sidoarjo, Observasi mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) proses perencanaan pembelajaran dengan menyiapkan modul ajar, bahan ajar dan sumer ajar, 2) proses penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran maharah Qiro’ah di kelas 7 B MtsN 4 Sidoarjo sudah dilaksanakan dengan baik, mulai dari pendahuluan, kegiatan inti, maupu kegiatan penutup. 3) Kendala Penerapan strategi STAD adalah sebagai berikut: a) Siswa masih belum mampu berdiskusi dan bekerja sama selama pembelajaran berlangsung karena masih adanya siswa yang lebih individualisme. b) Siswa kurang memahami langkah-langkah dalam model pembelajaran kooperatif STAD, c) Beberapa siswa kurang aktif saat diskusi kelompok, d) Siswa masih malu untuk presentasi didepan kelas, f) Beberapa siswa membuat keributan saat berpindah ke kelompoknya, g) Beberapa siswa belum selesai mengerjakan tugas hingga batas waktu yang ditentukan, h) Siswa berprestasi rendah memberikan kontribusi yang minim, sering kali bergantung pada bantuan siswa berprestasi tinggi. 4). Solusi permasalaahn penerapan model pembelajaran STAD adalah sebegai berikut: a) Memberikan pemahaman yang baik tentang model pembelajaran kooperatif STAD, b) Memberikan motivasi siswa untuk bisa aktif bekerja sama didalam kelompok, c) Menuntun siswa membagi tugas setiap anggota di dalam kelompok agar setiap anggota kelompok berpartisipasi dalam mengerjakan tugas, d) Guru harus mampu menguasai kelas agar kondusif.</p> 2024-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Taulinsia Aisah https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/Al-Katib/article/view/176 TAHLIL AL-MUHTAWA LI AL-KITAB AL-MADRASI AL-ARABIYAH LI AL-ALAM ALA NADZARIYAH MACKEY تحليل المحتوى للكتاب المدرسي العربية للعالم على نظرية ماجكي 2024-12-01T13:40:27+00:00 Topo Widiarto topowidiarto1511@gmail.com Yufridal Fitri Nursalam fatiyahilwa@yahoo.co.id Faiq Ainurrofiq faiqainurrofiq84@gmail.com <p>This study aims to analyze the selection, gradation, presentation, and repetition of materials in the book <em>Al-Arabiyyah Li Al-Alam</em> using Mackey's theory. The background of this research is the use of textbooks from Middle Eastern countries in learning Arabic in Indonesia which is considered difficult for non-Arab beginners. This poses a problem because the language used is too heavy and not necessarily suitable. This research is important because of the low evaluation of Arabic textbooks by the National Education Standards Agency. This study uses a literature method with a descriptive approach. Data were collected through documentation and analyzed using content analysis and tested by theoretical triangulation. The results of the study show that the material in this book is generally in accordance with the standards, program objectives, and student abilities, but it is not clear regarding the suitability with the duration of learning. Gradation is done through structural and semantic groupings, with an emphasis on function. The presentation of the material uses ostensive, pictoral, and contextual procedures, without differential procedures. Material repetition is effective for dialogue, reading, and writing, but listening skills are not accommodated in this book.</p> 2024-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Topo Widiarto, Yufridal Fitri Nursalam, Faiq Ainurrofiq