Al-Wihdah: Jurnal Pendidikan Islam https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/alwihdah <ol> <li>Journal Title: Al-Wihah: Jurnal Pendidikan Islam</li> <li>Initials: Al-Wihdah</li> <li>Frequency: Twice a year (Juni &amp; December)</li> <li>ISSN: 3031-1098</li> <li>Editor in Chief: Feri Andi, M.Pd.</li> <li>DOI: -</li> <li>Publisher: LPPM STIT Nurussalam</li> </ol> <p><strong>Al-Widah: Jurnal Pendidikan Islam (<em>Jurnal of Islamic Education</em>)</strong> is a journal of Islamic Education published by Nurussalam School of Islamic Education. It is a semiannual journal published in Juni and December which focus and scope includes theory and practice of Islamic education, Islamic education curriculum development, and Islamic learning methodology.<br />This open access journal can be downloaded for free in hope to contribute to the development of Islamic education</p> en-US jurnalalwihdah@gmail.com (Feri Andi, M.Pd.) riska@stitnurussalam.ac.id (Riska Hasanah, M.Pd.) Mon, 23 Jun 2025 06:35:53 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN BERDASARKAN AL-QUR’AN https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/alwihdah/article/view/256 <p>Dalam hal kehidupan ada peran seorang pemimpin karena tanpa adanya pemimpin maka segala sesuatu atau <br />segala hal akan susah dalam mengatur keseimbangannya. Keseimbangan antara tuntutan individu dan tujuan <br />organisasi harus tercapai, karena kepemimpinan itu adalah usaha yang disengaja yang dikerjakan oleh seorang <br />(pemimpin) untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui individu lain dengan cara menginspirasi orang lain <br />untuk melaksanakannya. dari pihak yang melaksanakan pelaksanaannya seorang pemimpinan sangat <br />bertanggung jawab dengan perannya serta selalu di jalan yang benar tanpa mementingkan kepentingan pribadi, <br />untuk menjadi pemimpin yang bisa dikatakan sempurna harus paham agama serta urusan dunia. seorang <br />pemimpin juga harus memahami dasar-dasar kepemimpinan baik dalam konteks kecil maupun besar, termasuk <br />negara, organisasi, dan keluarga, serta dalam diskusi dan situasi lainnya. Maka dari itu peran pemimpin sangat <br />penting dan besar dalam suatu negara, organisasi maupun keluarga. Nilai-nilai kepemimpinan dalam Al-Qur'an<br />mencakup keadilan, amanah, musyawarah, dan integritas moral yang menjadi landasan kepemimpinan Islami <br />yang efektif. Pemimpin Islami adil, istiqomah, dan terbuka; menjaga hukum setara, disiplin, sabar, inovatif, <br />serta sadar lingkungan internal-eksternal, demi menciptakan organisasi berintegritas dan berkelanjutan. <br />Pemimpin Islami juga menjunjung amanah, tabligh, hikmah, fathonah, menjaga etos kerja, komunikasi efektif, <br />dan kepedulian sosial. Artikel ini mengeksplorasi kepemimpinan dari perspektif nilai-nilai Al-Quran. Penelitian <br />ini menggunakan metodologi tinjauan pustaka, yaitu pengumpulan data dari Al-Qur'an, buku, jurnal, tafsir, <br />dan sumber lainnya. <br />Kata kunci: Kepemimpinan, Lembaga Pendidikan, Al-Qur’an.</p> Aulia Agustina, Syafaatul Habib Copyright (c) 2025 Al-Wihdah: Jurnal Pendidikan Islam https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/alwihdah/article/view/256 Mon, 23 Jun 2025 00:00:00 +0000 OPTIMALISASI SARANA DAN PRASARANA PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH BASMOL DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/alwihdah/article/view/251 <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This study aims to analyze and identify the efforts to optimize the facilities and infrastructure at Pondok Pesantren Alh in supporting the improvement of educational quality and the independence of the students (santri). Adequate facilities and infrastructure play an essential role in creating a conducive learning environment and enhancing the students' abilities and independence in various aspects of life. This research utilizes a case study method with a descriptive approach, involving direct observation, interviews with the pesantren management, and surveys conducted among the students and teaching staff. The findings indicate that although Pondok Pesantren Al Hidayah has provided basic facilities such as classrooms, dormitories, and prayer rooms, there are still several aspects of facilities and infrastructure that need optimization, such as skill development rooms, sports facilities, and educational technology. Improving the quality of these facilities and infrastructure is expected to strengthen the educational process and positively impact the independence of the students in managing their academic and social life. This study recommends the need for strategic planning in the development and maintenance of facilities and infrastructure, as well as collaboration with external parties to create a more modern and self-sufficient pesantren.</em></p> <p><strong>Keywords:</strong> <em>Optimization of Facilities and Infrastructure, Islamic Boarding School, Education.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi upaya optimalisasi sarana dan prasarana di Pondok Pesantren Al Hidayah Basmol dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan kemandirian santri. Sarana dan prasarana yang memadai memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif serta meningkatkan kemampuan dan kemandirian santri dalam berbagai aspek kehidupan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan observasi langsung, wawancara dengan pengelola pondok pesantren, serta kuesioner kepada santri dan staf pengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Pondok Pesantren Alh telah menyediakan berbagai fasilitas dasar seperti ruang kelas, asrama, dan ruang ibadah, masih terdapat beberapa aspek sarana dan prasarana yang perlu dioptimalkan, seperti ruang keterampilan, fasilitas olahraga, dan teknologi pembelajaran. Peningkatan kualitas sarana dan prasarana ini diharapkan dapat memperkuat proses pendidikan dan memberikan dampak positif terhadap kemandirian santri dalam mengelola kehidupan mereka, baik dalam konteks akademik maupun sosial. Penelitian ini merekomendasikan perlunya perencanaan strategis dalam pembangunan dan pemeliharaan sarana serta prasarana, serta kolaborasi dengan berbagai pihak eksternal untuk mewujudkan pondok pesantren yang lebih modern dan mandiri.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Optimalisasi Sarana dan Prasarana, Pondok Pesantren, Pendidikan.</p> Selma Yasmin Mumtaz, Nurlaila Waliyatul Musfiroh, Nia Farhanis, Muchammad Ibnu Muzakir Copyright (c) 2025 Al-Wihdah: Jurnal Pendidikan Islam https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/alwihdah/article/view/251 Mon, 23 Jun 2025 00:00:00 +0000 EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN ISLAM MELALUI MANAJEMEN SEKOLAH https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/alwihdah/article/view/165 <p>Abstract <br>Islamic education plays a vital role in shaping religious, ethical, and knowledgeable generations. However, the effectiveness of Islamic <br>education programs is closely related to the capacity of school management in planning, implementing, and evaluating activities <br>comprehensively. This study aims to analyze the role of school management in evaluating Islamic education programs by exploring <br>evaluation concepts, models, and managerial functions of principals. Using a descriptive qualitative approach through literature review <br>and interviews with five education practitioners, the findings reveal that most schools still emphasize academic achievement, while <br>spiritual and character development are often neglected. Schools with strong managerial leadership demonstrate more structured <br>evaluation systems, including reflective meetings and the use of behavioral rubrics, which positively impact students’ Islamic character <br>formation. The study concludes that professional school management is crucial in institutionalizing evaluation as a continuous quality <br>improvement process, emphasizing both learning outcomes and internal processes that nurture students’ Islamic values. <br>Keywords: Islamic education, program evaluation, school management, CIPP model, character building. <br>Abstrak <br>Pendidikan Islam berperan penting dalam membentuk generasi yang religius, beretika, dan berpengetahuan. <br>Namun, efektivitas program pendidikan Islam sangat dipengaruhi oleh kapasitas manajemen sekolah dalam <br>merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan menganalisis <br>peran manajemen sekolah dalam evaluasi program pendidikan Islam melalui kajian konsep evaluasi, model evaluasi, <br>serta fungsi manajerial kepala sekolah. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka dan <br>wawancara terhadap lima praktisi pendidikan, temuan menunjukkan bahwa sebagian besar sekolah masih <br>menekankan pada capaian akademik, sementara dimensi spiritual dan karakter belum dievaluasi secara optimal. <br>Sekolah dengan kepemimpinan manajerial yang kuat memiliki sistem evaluasi yang lebih terstruktur, seperti forum <br>reflektif rutin dan penggunaan rubrik observasi perilaku, yang berdampak positif terhadap pembentukan karakter <br>Islami siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen sekolah yang profesional berperan penting dalam <br>32 <br>melembagakan evaluasi sebagai proses perbaikan mutu berkelanjutan dengan menekankan pada hasil pembelajaran <br>sekaligus proses internal yang menumbuhkan nilai-nilai Islami siswa. <br>Kata kunci: pendidikan Islam, evaluasi program, manajemen sekolah, model CIPP, pembentukan karakter.</p> Dwi Budiarto, Syamsiani Copyright (c) 2025 Al-Wihdah: Jurnal Pendidikan Islam https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/alwihdah/article/view/165 Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000