PENGGUNAAN BAHAN AJAR KITAB ḤADITṠ KULLA YAUM JILID I DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUHADATSAH SISWA KELAS X IPS SMA TERPADU PONDOK PESANTREN NURUL HUDA

Authors

  • Nanda Nur Hanifa STIT NURUSSALAM
  • Septi Wahyuni

Keywords:

Bahan ajar & kemampuan Muhadatsah

Abstract

Abstrak:In an effort to improve the quality of teaching, the Nurul Huda Islamic Boarding School Integrated High School gives authority to teachers to find their own teaching references. One of the teachers, Mr. Anwar, chose the book "Hadith Kulla Yaum Volume 1" from Gontor as his teaching reference. Teaching materials are all forms of material that are used as support for teachers or instructors in the implementation of teaching and learning activities in the classroom. This research adopts a type of qualitative research, a research approach that focuses on a deep understanding of the context or phenomenon being studied. The results of this study suggest that the use of the teaching materials of the book "Hadith Kulla Yaum Volume 1" has an important role in learning muhadatsah in class X IPS SMA Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda with the support of vocabulary that they have memorized, but the use of teaching materials of the book "Hadith Kulla Yaum Volume 1" has not been applied optimally and students who have the ability to memorize vocabulary and memorize it are limited to alumni students from MTs Pondok Pesantren Nurul Huda.

Abstrak: Dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran, pihak sekolah SMA Terpadu pondok pesantren Nurul Huda memberikan wewenang kepada para guru untuk mencari referensi mengajar sendiri. Salah satu guru, Pak Anwar, memilih buku "Hadist Kulla Yaum Jilid 1" dari Gontor sebagai referensi pengajarannya. Bahan ajar adalah segala bentuk materi yang digunakan sebagai dukungan bagi guru atau instruktur dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini mengadopsi jenis penelitian kualitatif, sebuah pendekatan penelitian yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap konteks atau fenomena yang sedang diteliti. Hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwa Penggunaan bahan ajar buku "Hadist Kulla Yaum Jilid 1" memiliki peran penting dalam pembelajaran muhadatsah di kelas X IPS SMA Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda dengan dukungan kosakata yang sudah mereka hafalkan, namun penggunaan bahan ajar buku "Hadist Kulla Yaum Jilid 1" belum diterapkan secara maksimal dan siswa yang memiliki kemampuan dalam menghafalkan kosakata serta menghafalkannya terbatas pada siswa alumni dari MTs Pondok Pesantren Nurul Huda.

 

 

References

Ade Chairil Anwar. (2020). Direct method dalam pembelajaran bahasa arab di sma future gate kota bekasi. Waraqat : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 21. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i2.59

Anwar, A. (2023, November 7). Wawancara dengan Guru Pengajar Pelajaran Bahasa Arab kelas X IPS di SMA Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda [Komunikasi pribadi].

Holimi, M. (2020). Metode qawa’id dan tarjamah dalam pembelajaran menterjemah bahasa arab di pondok pesantren baitussholihin probolinggo. 2.

Keysha, Maulani, H., & Tatang, T. (2023). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Pondok Pesantren Modern terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab. al-Ittijah : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 15(1), 1–17. https://doi.org/10.32678/alittijah.v15i1.7619

Khulsum, U., & Hudiyono, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X SMA. 1.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Ayu Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 2 No. 2, 16. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

AL-KATIB Journal of Arabic Linguistic Education

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles