PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SUSUN KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF JER DI KELAS XI MA AL-ASY`ARI
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SUSUN KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF JER DI KELAS XI MA AL-ASY`ARI
Keywords:
learning Arabic, jer letters, sentence structure methodsAbstract
Abstract
This study is motivated by the low understanding of 11th-grade students at MA Al-Asy'ari regarding “huruf jer” (prepositional letters) in Arabic grammar, which impacts their ability to construct sentences with accurate meaning. The purpose of this research is to improve students' understanding of “huruf jer” usage through the sentence construction learning method. The research methodology employed is Classroom Action Research (CAR), conducted over several cycles, including the stages of planning, action implementation, observation, and reflection. Data were collected through comprehension tests, classroom observations, and interviews. The results indicate that the sentence construction method effectively enhances students' understanding of “huruf jer”, showing significant improvement in the final test scores. Moreover, students became more active and motivated in learning and showed greater interest in Arabic grammar studies.
Keywords: learning Arabic, jer letters, sentence structure methods
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas 11 MA Al-Asy'ari terhadap huruf jer dalam tata bahasa Arab, yang berdampak pada kemampuan mereka dalam menyusun kalimat dengan makna yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap penggunaan huruf jer melalui metode pembelajaran susun kalimat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam beberapa siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman, observasi kelas, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode susun kalimat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap huruf jer, dengan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil tes akhir. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam belajar, serta menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap pembelajaran tata bahasa Arab.
Kata Kunci: pembelajaran bahasa arab, huruf jer, metode susun kalimat
References
Hifni, Ahmad, and Ahmad Ilfi, ‘Al-Fathin Vol. 6,Edisi 2 Juli-Desember 2023 | 235’, 6 (2023), 235–57
Khasanah, Nginayatul, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia)’, An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3.2 (2016), 39–54 <https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16>
Nasution, Novita Sari, and Lahmuddin Lubis, ‘Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam’, Jurnal Simki Pedagogia, 6.1 (2023), 181–91 <https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.227>
Rahman, Anwar Abd., ‘Penerapan Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 3.1 (2017), 50 <https://doi.org/10.24252/diwan.v3i1.2915>
Rasyi, Yumna, and Syamsi Setiadi, ‘Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Sama (Pbk)’, PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29.1 (2017), 91–108 <https://doi.org/10.21009/parameter.291.09>
Saifullah, Muh, Mukhtar Mukhtar, Rahmat R, Basri Mahmud, and Hamzah Hamzah, ‘Ragam Makna Harf Jar Dalam Surah Al-Sajadah (Suatu Analisis Sintaksis)’, Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 2.1 (2021), 1 <https://doi.org/10.36915/la.v2i1.19>
Thoha, Mohammad, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah’, Okara, I.79–90 (2012), 12 <http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/okara/article/view/420%0Ahttp://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/okara/article/view/420>