PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SUSUN KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF JER DI KELAS XI MA AL-ASY`ARI

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SUSUN KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF JER DI KELAS XI MA AL-ASY`ARI

Authors

  • Hikmah Nur Hidayah universitas hasyim asy'ari
  • Uswatun Hasanah
  • Siti Durotun Naseha

Keywords:

learning Arabic, jer letters, sentence structure methods

Abstract

 

Abstract

 

This study is motivated by the low understanding of 11th-grade students at MA Al-Asy'ari regarding “huruf jer” (prepositional letters) in Arabic grammar, which impacts their ability to construct sentences with accurate meaning. The purpose of this research is to improve students' understanding of “huruf jer” usage through the sentence construction learning method. The research methodology employed is Classroom Action Research (CAR), conducted over several cycles, including the stages of planning, action implementation, observation, and reflection. Data were collected through comprehension tests, classroom observations, and interviews. The results indicate that the sentence construction method effectively enhances students' understanding of “huruf jer”, showing significant improvement in the final test scores. Moreover, students became more active and motivated in learning and showed greater interest in Arabic grammar studies.

 

Keywords: learning Arabic, jer letters, sentence structure methods

 

 

Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas 11 MA Al-Asy'ari terhadap huruf jer dalam tata bahasa Arab, yang berdampak pada kemampuan mereka dalam menyusun kalimat dengan makna yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap penggunaan huruf jer melalui metode pembelajaran susun kalimat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam beberapa siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman, observasi kelas, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode susun kalimat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap huruf jer, dengan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil tes akhir. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam belajar, serta menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap pembelajaran tata bahasa Arab.

 

Kata Kunci: pembelajaran bahasa arab, huruf jer, metode susun kalimat

References

Hifni, Ahmad, and Ahmad Ilfi, ‘Al-Fathin Vol. 6,Edisi 2 Juli-Desember 2023 | 235’, 6 (2023), 235–57

Khasanah, Nginayatul, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia)’, An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3.2 (2016), 39–54 <https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16>

Nasution, Novita Sari, and Lahmuddin Lubis, ‘Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam’, Jurnal Simki Pedagogia, 6.1 (2023), 181–91 <https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.227>

Rahman, Anwar Abd., ‘Penerapan Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 3.1 (2017), 50 <https://doi.org/10.24252/diwan.v3i1.2915>

Rasyi, Yumna, and Syamsi Setiadi, ‘Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Sama (Pbk)’, PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29.1 (2017), 91–108 <https://doi.org/10.21009/parameter.291.09>

Saifullah, Muh, Mukhtar Mukhtar, Rahmat R, Basri Mahmud, and Hamzah Hamzah, ‘Ragam Makna Harf Jar Dalam Surah Al-Sajadah (Suatu Analisis Sintaksis)’, Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 2.1 (2021), 1 <https://doi.org/10.36915/la.v2i1.19>

Thoha, Mohammad, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah’, Okara, I.79–90 (2012), 12 <http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/okara/article/view/420%0Ahttp://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/okara/article/view/420>

Downloads

Published

2024-12-28