PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MINAT TERHADAP BAHASA ARAB SISWA KELAS XI H MAN 4 JOMBANG

Authors

  • siti rahma febriana siti rahma febriana Universitas Hasyim Asyari
  • Asep Kurniawan
  • Muhammad Fikri Ambary

DOI:

https://doi.org/10.65095/al-katib.v2i1.204

Keywords:

Kahoot Media, Interest in Learning, Arabic

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Kahoot terhadap peningkatan minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI di MAN 4 Jombang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat siswa terhadap Bahasa Arab yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang cenderung monoton dan kurang menarik. Untuk itu, media Kahoot, yang berbasis permainan, diharapkan dapat membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot berhasil meningkatkan minat belajar siswa terhadap Bahasa Arab. Siswa lebih antusias dan aktif dalam mengikuti pelajaran, serta menunjukkan peningkatan dalam pemahaman materi. Media kahoot terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman dan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI MAN 4 Jombang.

References

*Iman Maulana, Yogi Hasbi Sidiq, ‘Pengaruh Penerapan Media Kuis Berbasis Kahoot! Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Kelas XI IPA 5 SMAN 1 Dukupuntang’, AD-DHUHA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 4 (2023), 15

Faishol, Desy Mandasari; Kholilur Rahman; Riza, ‘PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE’, Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13.1 (2020)

Gemma M Boden, Lindsay Hart, ‘“Kahoot! Game-Based Student Respon System”,’ Compass: Journal of Learning and Teaching, 11.1 (2018)

Iman Maulana, Yogi Hasbi Sidiq, ‘Pengaruh Penerapan Media Kuis Berbasis Kahoot! Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Kelas XI IPA 5 SMAN 1 Dukupuntang’, AD-DHUHA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 4.2 (2023), 16

Muid, A., & Rasidin, R, . ‘. Tadris Maharah Al-Qira’ah: Tahlil Uslub At_Ta’lim Li Ath-Thullab Fi Qism Ta’lim Al_Lughah Al-Arabiyyah Bi Jami’ah Jambi Al_Hukumiyya’, Arabia, 14.1 (2022), 39

Muid, A., Fadhlan, M., Rasidin, R., & Jabir, M., and D., ‘Project-Based Learning Models Approach In Improving Arabic Speaking Ability’, An Nabighoh, 24.1 (2022), 17

Novita, Az-Zahwa Tri, and Tatang, ‘Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 12 Agama Di MAN 1 Lahat’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 8.2 (2024), 17437

Titiana, Etha Salaza, ‘Guru Transformers: Pembaharu Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar Era Revolusi Industri 4.0’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2 (2019), 309

Utami, Aulia Karima Zuhda, and Dudung Hamdun, ‘PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 4 KEBUMEN’, Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 05.1 (2020), 29

16

Downloads

Published

2025-06-25

Issue

Section

Articles