Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Qiroah di MTsN 4 Sidoarjo

Authors

  • Taulinsia Aisah Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

STAD Learning Model, Maharah Qiraah

Abstract

Penenelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Tujuan peneleitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Qiroah. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 7 B MTsN 4 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap guru bahasa Arab siswa kelas 8 MTsN 4 Sidoarjo, Observasi mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) proses perencanaan pembelajaran dengan menyiapkan modul ajar, bahan ajar dan sumer ajar, 2) proses penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran maharah Qiro’ah di kelas 7 B MtsN 4 Sidoarjo sudah dilaksanakan dengan baik, mulai dari pendahuluan, kegiatan inti, maupu kegiatan penutup. 3) Kendala Penerapan strategi STAD adalah sebagai berikut: a) Siswa masih belum mampu berdiskusi dan bekerja sama selama pembelajaran berlangsung karena masih adanya siswa yang lebih individualisme. b) Siswa kurang memahami langkah-langkah dalam model pembelajaran kooperatif STAD, c) Beberapa siswa kurang aktif saat diskusi kelompok, d) Siswa masih malu untuk presentasi didepan kelas, f) Beberapa siswa membuat keributan saat berpindah ke kelompoknya, g) Beberapa siswa belum selesai mengerjakan tugas hingga batas waktu yang ditentukan, h) Siswa berprestasi rendah memberikan kontribusi yang minim, sering kali bergantung pada bantuan siswa berprestasi tinggi. 4). Solusi permasalaahn penerapan model pembelajaran STAD adalah sebegai berikut: a) Memberikan pemahaman yang baik tentang model pembelajaran kooperatif STAD, b) Memberikan motivasi siswa untuk bisa aktif bekerja sama didalam kelompok, c) Menuntun siswa membagi tugas setiap anggota di dalam kelompok agar setiap anggota kelompok berpartisipasi dalam mengerjakan tugas, d) Guru harus mampu menguasai kelas agar kondusif.

References

Aini, Zahrotul. “Pengaruh Perlakuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Di MTs Darussalam Ngembe Beji Pasuruan.” Journal Of Islamic Education (JIE) II, no. 1 (2017): 127.

Buhori, and Wahidah. “Bahasa Arab Dan Peradaban Islam: Telaah Atas Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dalam Lintas Sejarah Peradaban Islam.” Al-Hikmah 11, no. 1 (2017): 74.

Dahlia, Sri. “Urgensi Metode Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di PTAI.” Arabia 5, no. 1 (2013): 20.

Diah, Halimatus, and Melvi Azizatun Ni’mah. “Metode Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah.” Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 3, no. 1 (2023): 28.

Hendracipta, Nana. Model - Model Pembelajaran SD. Edited by Adpani. Bandung: Multikreasi Press, 2021.

Hidayah, Nurul Latifah. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Qiro`Ah (Ketrampilan Membaca) Bahasa Arab Dengan Cara Membaca Di Depan Kelas Dan Ditirukan.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (2020): 250.

Kristin, Firosalia. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd.” Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6, no. 2 (2016): 77.

Muharamsyah, Dede, Soewarto Hardhienata, and M Entang. “Penerapan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dan Think Pair Square (TPS) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Dan Menulis Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X SMA Terpadu Al-Ma’shum Mardiyah Cianjur.” Jurnal Manajemen Pendidikan 4, no. 1 (2016): 34.

Nurbayan, Yayan. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, 2008.

Nurnawati, Enis, Dwi Yulianti, and Hadi Susanto. “Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share.” Unnes Physics Education Journal 1, no. 1 (2012): 2. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej.

Purwanti, Sri. “Penerapan Strategi Stad Dalam Pembelajaran Drama Di Smp Negeri 1 Jaten Kabupaten Karanganyar.” LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra 2, no. 1 (2022): 22.

Rozzy, Muhamad Fachrul, Kurniati, and Syarifuddin. “Penerapan Model STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Bahasa Arab Pada Siswa Pondok Pesantren Nurul Iman Kabupaten Bogor.” Proceeding Semnas-TP (Seminar Nasional Teknologi Pendidikan) 4, no. 1 (2024): 55.

Slavin, Robert E. Cooperatif Learning: Theory, Research and Practice. Bandung: Nusa Media, 2014.

Sulistio, Andi, and Nik Haryanti. Model Pembelajaran Kooperatif(Cooperative Learning Model). Edited by Sekti Aditya. Probolinggo: Aksara, CV. Eureka Media, 2022.

Taufik. Pembelajaran Bahasa Arab MI(Metode Aplikatif Dan Inofatif Berbasis ICT). Surabaya: PMN, 2011.

Usman, Hasmiah Herawati, Nurleli Ramli, and Setia Wirawan Laksana. Cooperative Learnings Dan Komunikasi Interpersonal. Edited by Ahmad Abbas. Sulawesi Selatan: DIRAH, 2019.

Vioreza, Niken, Marhamah, Eva Oktaviana, Bekti Taufiq Ari Nugroho, Elis Solihat, Nur Hasanah, Risma Dwi Arisona, and Ginting Meta Br. Call For Book Tema 4 (Model & Metode Pembelajaran). Edited by Safira Diah F. Surabaya: CV. jakad Media Publishing, 2020.

Wulandari, Innayah. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran MI.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2022): 20.

Downloads

Published

2024-12-28