PENERAPAN METODE QAWĀՙID DAN TERJEMAH DALAM MENINGKATAKAN KEMAMPUAN TERJEMAH PADA SISWI KELAS XI IPA 3 MA DARUL HUDA LEBAK KAJANG
Abstract
Abstract:This study aims to improvetranslation skills in XII IPA 3 MA Darul Huda, Lebak Kajang students by applying qowaid (grammar) and translation methods. This type of writing is qualitative research, the subjects used as research are Arabic language subject teachers of class XI IPA 3 MA Darul Huda Lebak Kajang and one of the students of class XI IPA 3 MA Darul Huda Lebak Kajang. Instruments for data collection use interviews and observation (observation) as research instruments. The results of this study indicate that: the qawaid and translation method is very influential on students to understand the rules of the material that has been delivered. One of the most frequently used methods for learning Arabic is this method. In accordance with the researcher's findings, the teacher or ustadz provides material or text in the book during the teaching and learning process. After the students read the text, they are asked to find vocabulary or mufradat that are considered difficult to understand. The ustadz then uses simple examples to explain or tell the vocabulary that has not been understood so that students can understand the meaning and meaning of the vocabulary. In this method there are shortcomings, in which the shortcomings are that students cannot be fluent in speaking Arabic, they only understand the rules.
Keywords: Methods, Strengths, Qawaid and Tarjamah.
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan terjemah pada siswi XII IPA 3 MA Darul Huda, Lebak Kajang dengan menerapkan metode qowaid (tata bahasa) dan Terjemah. Tipe penulisan ini adalah penelitian kualitatif, Subjek yang dijadikan penelitian yaitu guru Mata Pelajaran Bahasa Arab kelas XI IPA 3 MA Darul Huda Lebak Kajang dan salah satu siswi kelas XI IPA 3 MA Darul Huda Lebak Kajang. Instrumen untuk pengumpulan data menggunkan wawancara dan observasi (pengamatan) sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: metode qawaid dan terjemah sangat berpengaruh kepada siswi untuk memahami kaidah-kaidah pada materi yang telah disampaikan. Salah satu metode yang paling sering digunakan untuk belajar bahasa Arab adalah metode ini. Sesuai dengan temuan peneliti, guru atau ustadz memberikan materi atau teks yang ada di buku selama proses belajar mengajar. Setelah para siswa membaca teks tersebut, mereka diminta untuk mencari kosakata atau mufradat yang dianggap sulit untuk dipahami. Ustadz kemudian menggunakan permisalan atau contoh sederhana untuk menjelaskan atau memberi tahu kosakata yang belum dipahami supaya siswa dapat memahami arti dan maksud dari kosakata tersebut. Dalam metode ini terdapat kekurangan, yang mana kekurangannya siswi tidak bisa fasih dalam berbicara Bahasa arab, mereka hanya memahami kaidahnya saja.
Kata Kunci: Metode, Kelebihan, Qawaid dan Tarjamah.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,
Faisol,Mans, dan Nurul Latifatul Inayati, Penerapan Metode Al-Qowa’id Wa At-Tarjamah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma’had Aly Makkah Boyolali , 2023
Hidayat, Andi, Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial, Jurnal Penelitian 10, no. 1,2018.
Ibrahim, Metodologi Penelitian Kualitatif, 2015
Inayati. Nurul Latifatul, Penerapan Metode Al-Qowa’id Wa At-Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma’had Aly Makkah Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023, eprints.ums.ac.id, th 2023.
Marzuki, Metodologi Riset, 1991
Muhammad holimi, Metode Qawa’id dan Tarjamah dalam Pembelajaran Menterjemah bahasa arab di pondok pesantren baitussholihin probolinggo, 2020
Rauf, Abd, Penerapan Metode Qawaid Wa Al Tarjamah Dalam Kitab Amtsilati Untuk Meningkatkan Kemampuan Santri Memahami Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Nuhiyah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar, 2018
Rika , Ratnasari, Metode Dakwah Bil Hal Dalam Perspektif Khalifah Umar Bin Khattab, th. 2018
Salman, Abullah dan Khasan Aedi, Pengaruh Metode Qawaid dan Tarjamah Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring Siswa MA Nurul Huda Munjul Cirebon, El- Ibtikar : 8 No 1, 2019
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chalimatus Sa'diyah, Ajeng Diaswari, Laila Mirnawati, Septi Wahyuni, ari astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.