Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Qira’ah

Authors

  • Esther Heronica STIT Nurussalam OKUT

Keywords:

Model Pembelajaran, Jigsaw, Keterampilan Qira'ah

Abstract

Abstract

Arabic as the identity of Muslims is very commonly studied in Indonesia, even in public schools. In learning Arabic, there are four skills that need to be mastered so that Arabic language mastery can be comprehensive, both spoken and written. One of them is qiro'ah skills, qiro'ah skills can be interpreted as the ability to read in learning Arabic, which in teaching requires appropriate learning methods in order to achieve the desired results. This research aims to examine the application of the jigsaw learning model in improving qiro'ah skills through previous research which was then studied in depth. The method used in this research is the library research method which allows researchers not to go directly into the field. The results obtained state that the application of the jigsaw learning model has proven to be effective in improving qiro'ah skills. The Jigsaw method has several advantages, such as increasing students' knowledge and skills, increasing cooperation and responsibility, and developing communication and presentation skills. However, the Jigsaw method also has several disadvantages, such as requiring longer preparation time, requiring good classroom management skills, and students who are less active can hinder the learning process. Overall, the Jigsaw method is an effective learning strategy for increasing collaboration and student learning. With proper preparation and implementation, this method can help students reach their learning potential.

 

Keywords: Learning Model, Jigsaw, Qira'ah Skills

Abstrak

Bahasa arab sebagai jati diri umat muslim sudah sangat umum dipelajari di indonesia bahkan di sekolah-sekolah umum sekalipun. Dalam pembelajaran bahasa arab terdapat empat keterampilan yang perlu dikuasai agar penguasaan bahasa arab dapat menyeluruh secara baik lisan maupun tulisan. Salah satunya adalah keterampilan qiro’ah, keterampilan qiro’ah dapat diartikan sebagai kemampuan membaca dalam mempelajari bahasa arab, yang mana dalam pengajarannya memerlukan metode pembelajaran yang sesuai agar dapat mencapai hasil yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan keterampilan qiro’ah melalui penelitian-penelitian terdahulu yang kemudian dikaji secara mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library research yang memungkinkan peneliti untuk tidak terjun kelapangan secara langsung. Adapun hasil yang diperoleh menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan qiro’ah. Metode Jigsaw memiliki beberapa kelebihan, seperti meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa, meningkatkan kerja sama dan tanggung jawab, serta mengembangkan kemampuan komunikasi dan presentasi. Namun, metode Jigsaw juga memiliki beberapa kekurangan, seperti memerlukan waktu persiapan yang lebih lama, membutuhkan keterampilan manajemen kelas yang baik, dan siswa yang kurang aktif dapat menghambat proses belajar. Secara keseluruhan, metode Jigsaw merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kolaborasi dan pembelajaran siswa. Dengan persiapan dan implementasiang tepat, metode ini dapat membantu siswa mencapai potensi belajar mereka. 

 

Kata kunci: Model Pembelajaran, Jigsaw, Keterampilan Qira’ah.

References

Akmalia, A., & Cahyani, N. D. (t.t.). STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH.

Alwi, M. (t.t.). PENERAPAN METODE QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA SMA MUHAMMADIYAH DISAMAKAN MAKASSAR.

Annisa, I. S., & Mailani, E. (t.t.). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas IV Sd Negeri 060800 Medan Area.

Ikhsan, R., & Masyhudi, F. (2023). Studi Kritis Pembaruan Pendidikan di Minangkabau. 1(2).

Ishak, D. M., & Fitriyanti, E. N. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH QIRA’AH UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH TERHADAP PEMAHAMAN BUDAYA ARAB.

Sholihah, H. A., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (t.t.). METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMP.

Siti Robiatun Muniroh, B. T. U. (2022). Application of the Jigsaw Method in Qiro’ah Learning at MTs Darul Ulum Kepuhdoko Tembelang Jombang | Penerapan Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Qiro’ah di MTs Darul Ulum Kepuhdoko Tembelang Jombang. Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 2, 13.

Sunarko, A., & Rois, A. (t.t.). Efektifitas Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Qira’ah di SMP Takhasus Al Qur’an Wonosobo.

AL-KATIB Journal of Arabic Linguistic Education

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles