MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MAHARAH KALAM PADA SISWA KELAS XI MA DARUL QUR’AN WONOSARI GUNUNGKIDUL

Authors

  • Ulin Nuha STAI Yogyakarta

Keywords:

media pembelajaran, bahasa arab, maharah al-kalam

Abstract

Berlangsungnya kegiatan belajar menagajar adalah mrupakan sebuah proses transfer of knowledge dari seorang guru dan peserta didik. Artinya ada komunikasi dua arah yakni antara guru dan murid. Kegiatan pembelajaran akan dapat berjalan efektif dan efisien ketika di dalam kegiatan tersebut dipakai sebuah metode, media, dan juga strategi yang pas dengan materi ajar yang disampaikan. Dengan pemilihan metode, media, dan strategi yang tepat dan pas akan membuat kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan. Khusus pada bagian media pembelajaran, adanya penggunaan media pembelajaran ditengah berlangsungnya suatu kegiatan pembelajaran akan semakin menambah semangat, motivasi, dan juga hirah belajar peserta didik. Pun juga ketika dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di MA Darul Qur’an kelas XI khususnya dibidang maharah al-kalam yang di dalamnya terdapat sebuah media yakni media permainan ular tangga. Dengan menggunakan penelitian studi kasus yang bersifat kualitatif deskriptif didapatkan bahwa semua peserta didik semangat dan termotivasi untuk bisa berbicara bahasa Arab walaupun dalam taraf tataran kalimat sederhana. Kemampuan dan penguasaan kalam peserta didik MA Darul Qur’an kelas XI menjadi lebih terasah sehingga semakin meningkat penguasaan kalamnya ketika mereka di ajak belajar dengan menggunakan media permainan ular tangga. Media permainan ular tangga yang diterapkan di MA Darul Qur’an Kelas XI Wonosari, Gunungkidul ini memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap penguasaan kalam peserta didik MA Darul Qur’an Kelas XI.

Keyword: Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Maharah al-Kalam

References

Daftar Pustaka

Dara, Nasita, Husnul Khatimah, and Laily Fitriani, “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Fun Learning Dengan Media Permainan Ular Tangga Di MI Al-Muhtadin Arso VI,” Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 4, no. 2 (2022).

Djamaluddin, Ahdar and Wardana. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, Parepare: CV KAAFFAH LEARNING CENTER, 2019.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.

Fitrah, Muh. dan Luthfiyah, Metodelogi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, Sukabumi: CV. Jejak, 2017.

Hermawan, Acep. Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Muti’ah, Erma dan Amrini Shofiyani, “Implementasi Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Pondok Pesantren An-Nashriyah,” Jurnal Education and Development 9, no. 3 (2021).

Nuha, Ulin. Perencanaan Pembelajaran Bahasa (Arab), Yogyakarta: CV. Istana Agency, 2021.

Nurwida, Martin. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Story Tellyng Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Guru “COPE” 20, no. 2 (2016): 4.

Sapriyah. “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” Jurnal Untirta 2, no 1 (2019).

Wulandari, Amelia Putri, et al.. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” Journal on Education 5, no. 2 (2023).

Zaini, Herman and Kurnia Dewi. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017).

Wawancara dengan Ahmad (salah satu peserta didik Kelas XI MA Darul Qur’an) pada Hari Senin, 20 Mei 2024.

Wawancara dengan Fatimah (salah satu peserta didik Kelas XI MA Darul Qur’an) pada Hari Senin, 20 Mei 2024.

AL-KATIB Journal of Arabic Linguistic Education

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles