Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Entrepreneurship Di SMAS Al-Hidayah Dlanggu
Abstract
Kepala sekolah SMAS Al-Hidayah Dlanggu mampu menanamkan kemandirian di berbagai usaha milik sekolah yang dikelola langsung oleh peserta didik dengan didampingi kepala sekolah serta guru yang ikut berpartisipasi di sekolah tersebut. Usaha-usaha yang dimiliki SMAS Al-hidayah Dlanggu antara lain: Jahe Jreng, Koprasi. Sekolah SMAS Al-Hidayah Dlanggu salah satu sekolah yang masuk katagori sekolah mandiri Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Peneliti dalam melakukan pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas data dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan entrepreneurship di SMAS Al-Hidayah Dlanggu diantaranya kepala sekolah memiliki kemampuan memberikan motivasi, kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan komunikasi, kemampuan analisis, bertanggung jawab dan mampu menjadikan panutan yang baik. Adapun faktor pendukung yaitu semangat dan komitmen guru dan peserta didik sedangkan faktor penghambat yaitu modal.
Kata kunci: kepemimpinan, Kepala Sekolah, Entrepreneurship