PELAKSANAAN SUPERVISI MADRASAH DALAM KEGIATAN BIMBINGAN BACA AL QUR’AN (BBQ) MTs MA’HADUL MUTA’ALLIMIN KATERBAN NGAWI

Authors

  • M. Zainal Abidin Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri
  • Diana Nur Sholihah Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri

Abstract

Abstrak

Kegiatan supervisi pendidikan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk diterapkan di sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif interaktif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menggali informasi secara mendalam tentang Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah dalam kegiatan Bimbingan Baca Al Qur’an (BBQ).Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan supervisi oleh kepala madrasah dilakukan dalam tiga tahap,tahap pertemuan awal,tahap observasi mengajar,tahap pertemuan balikan. Berdasarkan data lapangan menunjukkan adanya respon positif dari guru-guru terhadap supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah.

 

Kata kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Siswa

 

Abstract

Educational supervision activities are very important activities to be implemented in schools. This research is an interactive qualitative research with a descriptive approach which aims to explore in-depth information about the Implementation of Madrasah Supervision in Al Qur'an Reading Guidance (BBQ) activities. The results of the research show the implementation supervision by the principal is carried out in three stages, the initial meeting stage, the teaching observation stage, and the return meeting stage. Based on field data, it shows that there is a positive response from teachers towards the supervision carried out by madrasa heads.

 

Keywords: Supervision, Principal, Students

Downloads

Published

2023-12-30 — Updated on 2024-09-20

Versions

How to Cite

M. Zainal Abidin, & Diana Nur Sholihah. (2024). PELAKSANAAN SUPERVISI MADRASAH DALAM KEGIATAN BIMBINGAN BACA AL QUR’AN (BBQ) MTs MA’HADUL MUTA’ALLIMIN KATERBAN NGAWI. At-Taysir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 9–14. Retrieved from https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/at-taysir/article/view/81 (Original work published December 30, 2023)