PENGGUNAAN KOLASE DENGAN MEDIA KERTAS BERWARNA DALAM RANGKA PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK ABA TULUS AYU

Authors

  • Ahmad Taher Ichsan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam
  • Indri Nawang Sari Universitas Terbuka

Keywords:

kolase, keterampilan motorik halus

Abstract

Abstrak

Keterampilan motorik halus pada anak usia dini merupakan bagian penting dari aspek perkembangan yang harus di tingkatkan. Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa di TK ‘Aisyiaah Tulus Ayu yang mana kurang berkembangnya kemampuan motorik halus anak-anak. Untuk itu peneliti menentukkan kegiatan menarik yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan motorik halus AUD yaitu kegiatan kolase dengan media kertas berwarna. Tujuan penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana penggunaan kolase dapat menunjukkan peningkatan keterampilan motorik halus anak di TK ‘Aisyiaah Tulus Ayu. Subyek penelitian adalah kelompok A yang berjumlah 12 orang, 6 laki-laki dan 6 perempuan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah PTK, yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Adapun prosedur dalam PTK terdiri dari empat komponen, yaitu rencana kegiatan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data yang di gunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kolase dengan media kertas berwarna dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Pada siklus I mendapatkan presentase 60,58% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,00%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa anak-anak mulail memiliki kontrol yang baik atas gerakan tubuh mereka, dan mereka juga dapat melakukan koordinasi mata dan tangan dengan baik.

Kata kunci: kolase, keterampilan motorik halus

 

Abstract

Fine motor skills in early childhood are an important aspect of development that must be improved. This research was motivated by students at TK 'Aisyiaah Tulus Ayu, where children's fine motor skills were underdeveloped. For this reason, researchers determined interesting activities related to improving AUD fine motor skills, namely collage activities using colored paper media. The aim of the research was to see how the use of collage can show an increase in children's fine motor skills in TK 'Aisyiyah Tulus Ayu. The research subjects were group A which consisted of 12 people, 6 boys and 6 girls. The method used in this research is PTK, which is carried out in two cycles, namely cycle I and cycle II. The procedures in PTK consist of four components, namely activity plans, implementation, observation, and reflection. Data collection used observation and documentation sheets. While the data analysis techniques used are quantitative and qualitative descriptive. The results of this study indicate that the use of collage with colored paper media can improve children's fine motor skills. In the first cycle, the percentage was 60.58% and in the second cycle it increased to 90.00%. This improvement shows that children are starting to have good control over their body movements, and they can also do eye and hand coordination well.

 

Keywords: collage, fine motor skills

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ahmad Taher Ichsan, & Indri Nawang Sari. (2024). PENGGUNAAN KOLASE DENGAN MEDIA KERTAS BERWARNA DALAM RANGKA PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK ABA TULUS AYU. At-Taysir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 1–8. Retrieved from https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/at-taysir/article/view/117