MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK MODERN NURUSSALAM

Authors

  • Mahfud Alizar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam
  • Risky Ranosa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam

Keywords:

Manajemen Perencanaan, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendidikan Pesantren

Abstract

        Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen perencanaan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Modern Nurussalam. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menggali data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memahami proses perencanaan yang dilakukan oleh pengelola pendidikan di pondok tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen perencanaan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Modern Nurussalam. Hasil dari penelitian ini adalah Perencanaan pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Nurussalam melibatkan banyak pihak, dari pimpinan hingga guru. Proses ini terus dievaluasi dan dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan pondok. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan sumber daya dan motivasi guru. Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan perbaikan kurikulum, fasilitas, pelatihan guru, dan penggunaan teknologi.

Kata kunci: Manajemen Perencanaan, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendidikan Pesantren.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Mahfud Alizar, & Risky Ranosa. (2024). MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK MODERN NURUSSALAM. At-Taysir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 33–39. Retrieved from https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/at-taysir/article/view/179