OPTIMALISASI SARANA DAN PRASARANA PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH BASMOL DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS
Keywords:
Optimalisasi Sarana dan Prasarana, Pondok Pesantren, PendidikanAbstract
Abstract
This study aims to analyze and identify the efforts to optimize the facilities and infrastructure at Pondok Pesantren Alh in supporting the improvement of educational quality and the independence of the students (santri). Adequate facilities and infrastructure play an essential role in creating a conducive learning environment and enhancing the students' abilities and independence in various aspects of life. This research utilizes a case study method with a descriptive approach, involving direct observation, interviews with the pesantren management, and surveys conducted among the students and teaching staff. The findings indicate that although Pondok Pesantren Al Hidayah has provided basic facilities such as classrooms, dormitories, and prayer rooms, there are still several aspects of facilities and infrastructure that need optimization, such as skill development rooms, sports facilities, and educational technology. Improving the quality of these facilities and infrastructure is expected to strengthen the educational process and positively impact the independence of the students in managing their academic and social life. This study recommends the need for strategic planning in the development and maintenance of facilities and infrastructure, as well as collaboration with external parties to create a more modern and self-sufficient pesantren.
Keywords: Optimization of Facilities and Infrastructure, Islamic Boarding School, Education.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi upaya optimalisasi sarana dan prasarana di Pondok Pesantren Al Hidayah Basmol dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan kemandirian santri. Sarana dan prasarana yang memadai memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif serta meningkatkan kemampuan dan kemandirian santri dalam berbagai aspek kehidupan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan observasi langsung, wawancara dengan pengelola pondok pesantren, serta kuesioner kepada santri dan staf pengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Pondok Pesantren Alh telah menyediakan berbagai fasilitas dasar seperti ruang kelas, asrama, dan ruang ibadah, masih terdapat beberapa aspek sarana dan prasarana yang perlu dioptimalkan, seperti ruang keterampilan, fasilitas olahraga, dan teknologi pembelajaran. Peningkatan kualitas sarana dan prasarana ini diharapkan dapat memperkuat proses pendidikan dan memberikan dampak positif terhadap kemandirian santri dalam mengelola kehidupan mereka, baik dalam konteks akademik maupun sosial. Penelitian ini merekomendasikan perlunya perencanaan strategis dalam pembangunan dan pemeliharaan sarana serta prasarana, serta kolaborasi dengan berbagai pihak eksternal untuk mewujudkan pondok pesantren yang lebih modern dan mandiri.
Kata kunci: Optimalisasi Sarana dan Prasarana, Pondok Pesantren, Pendidikan.