Pendidikan Karakter Yang Tertanam Pada Pembelajaran Kaligrafi di Kelas VIII Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede
Keywords:
Pendidikan Karakter, Pembelajaran KaligrafiAbstract
Pendidikan karakter merupakan salah satu ciri khas dari sebuah proses dan kurikulum Pendidikan di
lembaga Pendidikan pondok pesantren. Sehingga pesantren menjadi salah satu tujuan dan pilihan orang tua untuk
mendidik putra putrinya dengan berbagai sistem Pendidikan dan pengajaran pada tiap-tiap pesantren yang
mengarah pada Pendidikan karakter di setiap kegiatan yang dilaksanakan dan mata Pelajaran yang diajarkan. Dalam
hal ini pondok pesantren modern Nurussalam melalui mata Pelajaran kaligrafi. Khat arab atau kaligrafi Islam
didalamnya tidak terlepas dari menulis huruf-huruf Al-Qur’an yang ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah kaligrafi itu
sendiri. Sehingga dalam mempelajarinya perlu keseriusan dan ketelitian. Beberapa nilai karakter yang muncul dari
proses pembelajaran kaligrafi di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede adalah nilai religius, nilai
tanggung jawab, nilai kreativitas, nilai kerjasama, dan nilai kemandirian. Namun, ada temuan baru yang didapatkan
oleh peneliti diluar 18 nilai karakter yang dijelaskan oleh Suyadi (2013: 8-9) yaitu nilai kesabaran dan nilai ketelitian.
Faktor pendukung yang mempengaruhi proses pembelajaran kaligrafi diantaranya adalah dukungan madrasah dari
segi penyediaan sarana prasarana, dan dukungan persiapan peralatan dari orang tua. Faktor penghambat yang
muncul adalah keterbatasan waktu pembelajaran, rasa malas dan perasaan takut dari siswa.




