EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN ISLAM MELALUI MANAJEMEN SEKOLAH
Keywords:
pendidikan Islam, evaluasi program, manajemen sekolah, model CIPP, pembentukan karakterAbstract
Abstract
Islamic education plays a vital role in shaping religious, ethical, and knowledgeable generations. However, the effectiveness of Islamic
education programs is closely related to the capacity of school management in planning, implementing, and evaluating activities
comprehensively. This study aims to analyze the role of school management in evaluating Islamic education programs by exploring
evaluation concepts, models, and managerial functions of principals. Using a descriptive qualitative approach through literature review
and interviews with five education practitioners, the findings reveal that most schools still emphasize academic achievement, while
spiritual and character development are often neglected. Schools with strong managerial leadership demonstrate more structured
evaluation systems, including reflective meetings and the use of behavioral rubrics, which positively impact students’ Islamic character
formation. The study concludes that professional school management is crucial in institutionalizing evaluation as a continuous quality
improvement process, emphasizing both learning outcomes and internal processes that nurture students’ Islamic values.
Keywords: Islamic education, program evaluation, school management, CIPP model, character building.
Abstrak
Pendidikan Islam berperan penting dalam membentuk generasi yang religius, beretika, dan berpengetahuan.
Namun, efektivitas program pendidikan Islam sangat dipengaruhi oleh kapasitas manajemen sekolah dalam
merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan menganalisis
peran manajemen sekolah dalam evaluasi program pendidikan Islam melalui kajian konsep evaluasi, model evaluasi,
serta fungsi manajerial kepala sekolah. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka dan
wawancara terhadap lima praktisi pendidikan, temuan menunjukkan bahwa sebagian besar sekolah masih
menekankan pada capaian akademik, sementara dimensi spiritual dan karakter belum dievaluasi secara optimal.
Sekolah dengan kepemimpinan manajerial yang kuat memiliki sistem evaluasi yang lebih terstruktur, seperti forum
reflektif rutin dan penggunaan rubrik observasi perilaku, yang berdampak positif terhadap pembentukan karakter
Islami siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen sekolah yang profesional berperan penting dalam
32
melembagakan evaluasi sebagai proses perbaikan mutu berkelanjutan dengan menekankan pada hasil pembelajaran
sekaligus proses internal yang menumbuhkan nilai-nilai Islami siswa.
Kata kunci: pendidikan Islam, evaluasi program, manajemen sekolah, model CIPP, pembentukan karakter.