PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PAI DI KELAS X TKJ 1

Authors

  • Muh. Sabilar Rosyad Universitas Kiai Abdullah Faqih (UNKAFA)
  • Nabila Yahya Universitas Kiai Abdullah Faqih (UNKAFA)

Keywords:

Media Canva, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media Canva terhadap minat belajar
siswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X TKJ 1. Media Canva dipilih karena kemampuannya
dalam membuat materi pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur
minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Canva. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa mayoritas siswa, yaitu 87,5%, Setuju dan Sangat Setuju dengan penggunaan media Canva, yang
menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan minat belajar. Namun, 12,5% siswa Tidak Setuju,
yang menunjukkan adanya perbedaan preferensi individu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
penggunaan media Canva memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar siswa PAI, namun
perhatian perlu diberikan kepada preferensi belajar siswa yang berbeda. Penelitian ini menyarankan
penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Canva untuk meningkatkan keterlibatan
dan motivasi siswa.
Kata Kunci: Media Canva, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Muh. Sabilar Rosyad, & Nabila Yahya. (2024). PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PAI DI KELAS X TKJ 1 . Al-Wihdah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 17–23. Retrieved from https://e-jurnal.stitnurussalam.ac.id/index.php/alwihdah/article/view/210